Friday, November 29, 2019

CEK JUMLAH PENDAFTAR CPNS PADA INSTANSI YANG DILAMAR


Seleksi Penerimaan CPNS 2019 ini sangat berbeda dengan tahun 2018 lalu, di mana pada tahun sebelumnya pelamar dapat melihat jumlah saingan formasi yang dipilih di https://sscndata.bkn.go.id/spf. Namun pada penerimaan kali ini, BKN menutup fitur jumlah pelamar dalam menu pencarian formasi pada portal SSCN pada seleksi calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2019 yang telah disediakan oleh panitia. Sebetulnya publik dapat juga mengetahui data jumlah pelamar pada setiap formasi secara real time melalui menu pencarian formasi dalam portal SSCN CPNS 2019.

Salah satu alasan umum, BKN meniadakan fitur tersebut karena terindikasi terjadinya tindak kecurangan penyalahgunaan data pelamar CPNS 2019 yang termuat dalam menu pencarian formasi yang dilakukan oleh sejumlah oknum. Cara yang dilakukan oknum tersebut dengan cara mendaftarkan sejumlah pelamar fiktif pada formasi CPNS 2019 tertentu agar terlihat telah banyak pendaftar sehingga banyaknya jumlah pelamar terkecoh dengan calon pelamar sehingga formasi tersebut tidak lagi menjadi pilihan pada penerimaan CPNS 2019.
Aspek transparansi tetap terjamin melalui pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2019 dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) BKN yang juga memiliki prinsip akuntabel. Sebagai alternatif, BKN memberikan update jumlah pelamar, di antaranya memuat informasi pelamar CPNS 2019 yang sudah membuat akun, sudah mengisi formulir, dan sudah submit.
Silahkan cek pengumuman tertutup pada link alternatif dan astikan Anda telah mengakhiri proses pendaftaran (melalui tahapan Resume) sebelum memasuki waktu akhir pendaftaran instansi yang Anda lamar. Info terkait periode pendaftaran setiap instansi bisa dilihat para pendaftar di tautan https://sscndata.bkn.go.id/tutup

Melalui kegiatan seleksi CPNS berbasis online yang dilaksanakan tahun ini, diharapkan para peserta yang lulus adalah putra-putri terbaik bangsa dan dapat mengabdikan dirinya untuk kemajuan perahu terbesar kita yakni Negara Republik Indonesia.


Semoga Bermanfaat.
Terima Kasih.

0 komentar