Perangkat Pembelajaran PJOK SMA Kelas X Semester 1 dan 2 dengan Kurikulum 2013 serta Analisis Silabus untuk Tahun Ajaran 2018/2019

>




RPP PJOK(Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan)SMA Kurikulum 2013 yang tersusun dengan perencanaan, maka pelaksanaan pembelajaran tentunya akan dapat berjalan dengan baik apabila seorang guru telah merencanakannya dengan baik. Perencanaan pembelajaran dikenal dengan  sebutan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).
Setiap Tenaga Pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP. 
Apabila Tenaga pendidik telah menyusun RPP lengkap dan sistematis, maka pembelajaran dapat berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup untuk berkreativitas, dan mandir sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis para Peserta Didik sebagaimana yang diharapkan pada Standar Proses. Oleh karena itu, setiap Tenaga Pendidik wajib menyusun sebuah RPP lengkap dan sistematis.

Komponen-komponen RPP yang dimaksud telahbtertuang Pada Permendikbud Nomor 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran disebutkan bahwa RPP merupakan rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, dan buku panduan guru. Adapun komponen RPP sesuai dengan Permendikbud tersebut diharapkan paling sedikit memuat:
1. Identitas sekolah, mata pelajaran, dan kelas/semester;
2. Alokasi waktu;
3. KI, KD, indikator pencapaian kompetensi;
4. Materi pembelajaran;
5. Kegiatan Pembelajaran ;
6. Penilaian; dan
7. Media/alat, bahan, dan sumber belajar.

Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, bahwa komponen RPP dijelaskan lebih lanjut yaitu  swbagai berikut :
1. Identitas sekolah, identitas mata pelajaran, kelas/semester, materi pokok, alokasi waktu
2. Tujuan pembelajaran
3. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
4. Materi Pembelajaran
5. Metode Pembelajaran
6. Media Pembelajaran
7. Sumber Belajar
8. Langkah-langkah pembelajaran
9. Penilaian hasil pembelajaran

Silahkan dibaca juga sebelum mengembangkan dan merancang RPP link dibawah ini, agar kiranya bapak – ibu dapat menyesuaikan karakteristik sekolah masing-masing.




Sebagai bahan perbandingan untuk mengembangkan Perangkat Pembelajaran bagi Guru PJOK SMA kelas 10 dapat di download Link dibawah ini.



Semoga Bermanfaat,
Salam Kolaborasi Pengetahuan