Penampilan dan Latihan Musik Karawitan SMP N 1 Rejang Lebong Sebagai Budaya Provinsi Bengkulu



Video Penampilan Peserta Didik SMP N 1 Rejang Lebong dalam memainkan musik DOL sebelum ditampilkan pada hari pelaksanaan Acara Pelepasan Peserta Didik Kelas IX Tahun Ajaran 2017/2018

Setiap Provinsi yang ada di Nusantara, tentu memiliki budaya yang beragam macam, baik budaya adatnya maupun budaya musiknya. Kali ini, ada jenis musik yang ada di Provinsi Bengkulu sebagai musik tradisional yang selalu dikumandang pada acara-acara besar namanya musik DOL
SMP Negeri 1 Rejang Lebong  ikut serta didalam pelestarian budaya yang ada di Provinsi Bengkulu. Sekolah ini memang selalu jadi pavorit di daerah Kabupaten Rejang Lebong. Sehingga acara-acara resmi yang dilakukan di Kabupaten Rejang Lebong, SMP ini dipastikan ada didalam acara tersebut untuk menampilkan keahliannya memainkan musik khas Bengkulu, yakni Musik Karawitan namanya. 
Ada pembina yang memiliki keahlian khusus untuk memainkan musik DOL SMP N 1 Rejang Lebong. Namanya Mr. Iwangga Saputra,S.Pd. Beliau ini memiliki Talenta yang sangat luar biasa. Anak-anak yang dibina melalui FLSN SMP, baik tingkat Kabupaten maupun maupun Provinsi selalu tampil maksimal.

Kembali kita lihat apa sebenarnya musik DOL tersebut. Musik DOL adalah sebuah alat musik beduk yang berasal dari Provinsi Bengkulu. Secara singkat dijelaskan di http://budaya-indonesia.org/DOL-Alat-Musik-Tradisional-dari-Bengkulu.
Alat Musik DOL dari Bengkulu

Selanjutnya, perlu kita pahami bersama sebagai warga negara Indonesia yang cinta dan peduli dengan Budaya, melalui tulisan ini menghimbau dan mengajak kita semua agar selalu menjaga kebudayaan musik yang ada di Tanah Air. Budaya Negeri kita adalah harta kekayaan yang sangat berharga untuk kita.

Negeriku Kaya dengan Ragam Budaya