Buku Panduan Sebelum Jadi Seorang Pelatih Kuasai Dasar-dasar Melatih


Para pemerhati olahraga, atau pun pelaku olahraga diharapkan mampu mengelola dan mengemudikan diri
didalam mengembangkan dirinya untuk membina dan melatih cabang olahraga yang dikuasai.
Melatih merupakan beban yang sangat berat, jika seorang pelatih tidak memiliki bidang ilmu yang akan dilatih. Jangan pernah melatih peserta didik sebagai kambing percobaan, dimana akan mengakibatkan peserta didik yang dilatihnya menjadi malas, stres, dan cepat merasa bosan akan materi kegiatan yang diterimanya dari seorang pelatih.

Untuk menunjang pemahaman kepelatihan, diharapkan seorang pelatih menggali banyak bidang ilmu pegetahuan, demi mencapai prestasi puncak dari peserta didik yang dilatih. Atlet tidak barang cobaan, atau robot yang dapat dikelola dan digerakkan kemana saja sesuai kehendak pengontrol benda tersebut. Namun, atlet adalah manusia, yang membutuhan bimbingan dan arahan untuk mencapai sebuah tujuan dari kegiatan yang dilakukan.

Latihan adalah sebuah proses yang dilakukan secara berulang-ulang hingga gerakan yang dilakukan menjadi gerakan kebiasaan atau disebut dengan segala daya dan upaya untuk meningkatkan secara menyeluruh kondisi fisik dengan proses yang sistematis dan berulang-ulang dengan kian hari kian bertambah jumlah beban latihan, waktu atau pun intensitas nya.

Fenomena diatas, dapat kita simpul kan bahwa seorang pelatih harus menguasai dan memahami ilmu melatih dengan cara belajar dan mencari tahu apa yang dengan melatih tersebut. Dibawah ini, ada beberapa modul sebagai dasar untuk menambah pengetahuan melatih olahraga yang dibina atau pun dikembangkan. Modul tersebut di sadur dari kegiatan KONI Pusat yang memberikan pelatihan bagi para pelatih olahraga. 

Silahkan di DOWNLOAD dokumen PDF dibawah ini.


1. MODUL PENATARAN PELATIH OLAHRAGA TINGKAT MUDA


2. MODUL TINGKAT DASAR




Atau pada link dibawah ini, dapat dilakukan untuk mendownload maupun membaca secara keseluruhan.
1. https://drive.google.com/open?id=1uwV29wPo1WTPtUd8rw3uXKEXIw40SR_H
2. https://drive.google.com/open?id=1b0YxMOtdUMN-PjdaKSW30LuMLCLciEJH