Salah Satu Cara atau metode Guru inovatif dan Kreatif di Nusantara





Jika anda seorang guru yang inspiratif dan inovatif, silahkan tunjukkan ide-ide kreatifnya kepada orang banyak.
Tentu akan datang pertanyaan kedalam diri kita.
  1. Bagaimana carannya saya untuk menunjukkan hasil karya yang saya punya?
  2. Apa langkah-langkah yang harus dilakukan?
Pertanyaan ini sangat mudah menjawabnya. Ikuti segala kegiatan yang di laksanakan oleh KESHARLINDUNG Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Muncul lagi Pertanyaan,
  1. Bagaimana caranya saya bisa ikut kegiatan yang dilaksanakan KESHARLINDUNG ?
  2. Apakah kegiatan kesharlindung dapat di ikuti guru Non PNS ?
Jawabannya mudah juga,
Silahkan bergabung melalui website KESHARLINDUNG, Kesharlindung itu ada du Tingkatan yakni KESHARLINDUNG DIKDAS dan KESEHARLINDUNG DIKMEN.
Kegiatan ini dapat di ikuti oleh semua guru di seluruh indonesia. Dengan catatan, sudah terdaftar pada Data Pokok Pendidik atau sering di sebut dengan Data Pokok GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan).

Langkah-langkah untuk dapat masuk kedalam website KESHARLINDUNG.
  1. Tentukan terlebih dahulu, apakah kita seorang guru Pendidikan Dasar (SD dan SMP) atau guru Pendidikan Menengah (SMA dan SMK).
  2. Jika kita Guru Pendidikan Dasar maka masuklah kedalam website kesharlindungdikdas
  3. Jika kita Guru Pendidikan Menengah, maka masuklah kedalam website kesharlindungdikmen
  4. Setelah berada pada website masing-masing selanjutnya daftarkan terlebih dahulu diri anda, sesuai dengan isian biodata yang dibutuhkan didalam website terebut. Dimana biodata ini adalah salah satu pendataan yang dapat digunakan untuk Login atau Masuk kedalam dasbord pribadi.


Dibawah ini cara masuk kedalam link Kesharlindung Dikdas. Untuk DIKMEN juga sama cara mendaftarnya.


Buka web browser anda, ( Mozilla Firefox atau Google Chrome atau yang lainnya dan usahakan web browser anda versi terbaru) dan ketikan alamat url https://kesharlindungdikdas.id atau klik DISINI kemudian akan muncul halaman seperti berikut : 


perhatikan gambar di atas, terdapat ada dua tombol dengan tulisan Daftar dan tombol tulisan Login pada halaman awal web KESHARLINDUNGDIKDAS.

Daftar 
Klik Tombol Daftar. Selanjutnya akan mengarahkan anda ke halaman pendaftaran, halaman ini hanya digunakan untuk mendaftar bagi yang belum mempunyai akun atau yang belum pernah mengikuti kegiatan Kesharlindung Dikmen secara online.


Berikut ini tampilan saat tombol Daftar di klik :

Jika NUPTK anda sudah terdaftar pada Data Pokok Guru dan Tenaga Kependidikan, langkah yang pertama dilakukan adalah memasukan NUPTK pada kolom NUPTK yang tersedia dan klik cari, maka nama anda dan beberapa kolom secara otomatis terisi. Jika NUPTK anda masih belum terdaftar pada  DAPODIK atau PADAMU maka lanjutkan saja dengan mengisi data yang benar dan ikuti format tulisan pada web, misalnya pada penulisan nama dan gelar, dan besar kecilnya huruf, misalnya Hotlider H Simamora,S.Pd.
Usahakan kolom semua terisi, kolom yang ada tanda bintang(*) merah berarti wajib di isi, disarankan anda melakukan isi biodata yang benar sehingga tidak terjadi masalah ke depannya. Setelah lengkap dan klik Daftar maka sistem akan mengirimkan User Password ke email yang dimasukkan kedalam biodata isian.

Login
Setelah semua proses daftar dilakukan, maka masukkan User dan Pasword yang didapatkan melalui email dari Kesharlindung kemudian klik Login. Seperti gambar dibawah ini :
Selanjutnya anda akan diarahkan kedalam dashboard pribadi anda, untuk melihat jenis kegiatan yang disediakan oleh Kesharlindung dikdas. Seperti tampilan berikut :
1.      

      Kegiatan
Didalam dashboard pribadi akan ada pilihan tampilan
  1. Dashboard
  2. Kegiatan
  3. Profil


Klik pilihan Tulisan Kegiatan maka akan muncul beberbagai kegiatan yang di sediakan Kesharlindung Dikdas seperti Tampilan Berikut : 
Silahkan pilih salah satu kegiatan yang sedang dilaksanakan oleh kesharlindungdikdas.
Inobel SD ( khusus untuk guru SD
Bimtek Profesi (Bagi seluruh Guru DIKDAS SD dan SMP)
Seminar (Bagi seluruh Guru DIKDAS SD dan SMP)
Seminar 2 (Bagi seluruh Guru DIKDAS SD dan SMP)
Literasi (Bagi Guru DIKDAS SD dan SMP)
Inobel SMP (Bagi Guru SMP)
OGN (Olimpiade Guru Nasional) ini hanya beberapa guru mata pelajaran DIKDAS saja SD dan SMP

Untuk informasi lebih dapat bergabung dengan Media Sosial Facebook yang disediakan oleh Keseharlindung dikdas . Disana akan ditemukan berbagai banyak informasi tentang kegiatan yang dilaksanakan oleh Kesharlindung Dikdas.

SELAMAT BERGABUNG



“GURU MULIA KARENA KARYA”